Selasa, 13 Oktober 2009

Bikin paspor sekarang mudah, tanpa calo

Yuk bikin paspor, biar klo nglancong ke negeri orang gak di deportasi.
skarang bikin paspor mudah dan relatif cepat. cukup tiga kali datang.
Pertama ngambil dan ngisi formulir dan dapat jadwal interview, sidik jari dan foto, secondly interview, sidik jari dan foto, and finally take your passport. simple kan.
berikut tips dan triknya:

pertama, siapkan persyaratan dokument asli dan foto copy sebagai berikut:

1. KTP
2. KARTU KELUARGA (KK)
3. AKTE KELAHIRAN/SURAT KETERANGAN LAHIR/ IJAZAH*
4. SURAT NIKAH**
5. SURAT REFERENSI DARI PERUSAHAAN***
*) Salah satu saja, klo ijazah harus ijazah SD/SMP/SMA gak boleh Ijazah kuliah karena gak ada nama ortu klo SMA kebawah kan ada nama ortu, waktu saya pake ijazah SMK.
** bagi yang sudah nikah tentunya, klo nikahnya siri yah gak perlu.
*** klo keperluan dinas perusahaan
# inget bawa asli dan foto copy masing2 satu lembar.

setelah syarat lengkap brngkatlah pagi2 sebelum jam 8 usahakan sudah sampe sono dan bawa pulpen. waku saya sih ke kantor imigrasi mampang. trus ambil antrian dimesin antrian (terletak didepan loket pelayanan, touch sreen) dan ambil formulir di bagian foto copy, tertulis gratis di formulir tapi tetep diminta uang Rp. 5000,- (duh Indonesiaku). isi formulir sambil nunggu dipanggil, untuk paspor pilih minimal yang 48 jangan yang 24 (untuk TKI/terbatas negara yg dapat dikunjungi. pas dipanggil kasih tuh smua dokumen bai yang asli or copy nanti kita dapat tanda terima untuk kunjungan berikutnya.

langkah ke-2
ke imigrasi untuk interview, foto dan lain-lain, persiapan yang perlu dilakukan
1. sehari sebelum datang jangan lupa ke salon dulu, he..he..kan mo poto biar hasilnya maksimal getoo.
2. bawa uang Rp 275.000,- blom termasuk transpor dan makan yah
3. dokumen pada tahap pertama dibawa lagi.

sebaiknya datang pagi2 trus ke loket IV gak usah ambil antrian, berikan tanda terima, tunggu sampai dipanggil nama kita, nanti kita dikasih kwitansi trus k lantai dua bayar deh untuk paspor 48 bayar Rp. 275.000 terdiri dari 270.000,- resmi, 2.000,- sumbangan PMI dan 3.000,- hanya Tuhan yang tahu (lagi2 duh Indonesiaku).

berbekal bukti bayar dari kasir (2 lb)kita ke bagian pemotretan untuk sesi pemotretan terjasi di ruangan lain. langsung aja ketuk pintu (gak usah nunggu jawaban) masuk dan berikan lembar ke-2 kwitansi ke petugas trus keluar tunggu panggilan. nah pas interview ternyata cuma tanya data diri aja gak forma kok, santai.
trus foto (gak boleh dliatan gigi), sidik 10 jari tangan).
ini yang penting sebelum cabut tanya ke yang nginterview kita kapan musti datang lagi ngambil pasor. selesai deh tahap 2.

last step.

bermodalkan bukti pembayaran asli datang ke loket vi ambil deh tuh paspor langsung ajak gak usah ngambil antrian. waktu saya sih nitip ke temen ternyata bisa,cuma untuk jaga2 pake surat kuasa. walaupun waktu saya tidak pake tapi bisa.

moga bermanfaat

Abu Fayeza




Tidak ada komentar: